Jenis Baja Ringan Galvanum Dan Galvanis, Bagus Mana?

Jenis Baja Ringan Galvanum Dan Galvanis Bagus Mana

Menggunakan baja ringan dari jasa pemasangan baja ringan di Bogor sebagai rangka atap, kanopi, kusen pintu atau jendela sudah menjadi andalan saat ini. Jenis galvalum dan galvanis seringkali membuat bingung orang awam saat akan membelinya. Lalu jenis apa yang paling bagus? Kita akan bahas di artikel ini.

Baja Ringan Galvalum Dan Galvanis

Karat merupakan proses pengeroposan pada material logam yang sangat dihindari bagi pelaksana konstruksi. Untuk mencegah karat, para produsen logam melapisinya dengan lapisan anti karat. Jenis pelapis galvalum dan galvalis digunakan untuk pelapis baja ringan agar memperlambat atau mencegah karat pada logam baja.

Perbedaan Galvanum Dan Galvalis

Istilah galvalum dan galvalis rasanya tidak asing bagi para pekerja konstruksi. Namun bagi orang awam keduanya masih menjadi hal yang asing, maka dari itu di artikel ini kita akan mengetahuinya leih rinci. Simak yuk!

Galvanis

Galvanis dibuat dari 97% zinc dan ±1% alumunium ditambah campuran lain hingga mencapai komposisi 100%. Terjadinya karat karena Zinc yang melapisi baja akan termakan oleh polutan-polutan hingga habis, baru kemudian proses karat dimulai pada baja. Galvanis tidak tahan terhadap korosi namun tahan terhadap semen

Pelapisan galvanis dapat dilakukan dengan Elektro Galvanise yang menggunakan penghantaran arus listrik atau dengan pencelupan Hot-dipped Galvanise. Proses pencelupan galvanis bisa terbagi dalam 2 cara,  yaitu sebagai berikut :

  1. Pencelupan konvensional. Baja ringan yang biasanya sudah dalam bentuk produk jadi, kemudian dicelupkan ke dalam cairan timah.
  2. Pencelupan continous hot-dipped galvanising. Plat baja gulungan/coil di celupkan ke dalam cairan timah secara terus menerus tanpa henti.

Galvalume

Galvalume terbuat dari 55% alumunium dan 45% zinc ditambah bahan lainnya sehingga mencapai 100%.  Proses pelapisan Galvalume hanya dapat dilakukan dengan continous hot dipped atau dengan proses NOF (Non Oxides Furnace).

Komposisi alumunium yang tinggi membuat lapisan Galvalume lebih tahan karat dibandingkan dengan Galvanis.  Namun bahan Alumunium tidak tahan terhadap semen dibandingkan dengan Zinc.

Itu dia perbedaan jenis pelapis galvalum dan galvanis untuk rangka atap baja ringan. Semoga Anda bisa memilih antar keduanya.