Tips Untuk Budi Daya Kelinci Rex Terlengkap

Tips Untuk Budidaya Kelinci Rex Terlengkap

Rex dan kelinci german giant merupakan salah satu jenis dari kelinci hias. Kelinci Rex dikenal sebagai kelinci dengan bulu yang indah dan sangat cocok dijadikan untuk hewan peliharaan dan kontes.

Namun tahukah Anda jika kelinci rex ternyata juga bisa dijadikan sebagai kelinci pedaging? Kelinci rex pertama kali ditemukan di Negara Prancis pada tahun 1919 dan hingga akhirnya menjadi salah satu kelinci yang paling banyak diminati untuk dipelihara.

Salah satu negara dengan jumlah peminat yang banyak adalah Indonesia. Hal ini yang membuat banyak sekali pengusaha yang berminat untuk beternak. Lalu bagaimana sih cara budi daya kelinci rex agar menghasilkan keuntungan optimal?

Alasan lain yang membuat kelinci rex memiliki banyak peminat selain bulunya yang indah adalah karena kelinci ini tergolong kelinci yang pintar dan bisa dilatih menggunakan beragam trik seperti datang ketika dipanggil, berdiri ketika diberi petunjuk, dan hal unik serta menarik lainnya. Untuk cara budi daya kelinci rex sebenarnya sama saja dengan jenis kelinci yang lain. Namun bagi anda yang masih pemula, berikut tips lengkapnya :

  • Mempersiapkan Kandang

Untuk jenis kelinci rex, tempatkan kandang di lingkungan dengan suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan lingkungan. Buat kandang menggunakan alas dari bambu dan hindari penggunaan ram kawat untuk bagian alas. Pastikan kandang selalu dalam kondisi yang bersih dan terawat.

  • Jenis Makanan

Memberi makan kelinci rex bisa dilakukan secara teratur pagi dan sore hari dengan menghindari makanan yang masih segar atau langsung diambil dari kulkas. Untuk rumput, carilah rumput yang tumbuh subur di daerah yang mendapat cahaya matahari.

  • Perawatan Khusus

Lakukan pemotongan kuku kelinci rex secara rutin, dan untuk kelinci rex dengan bulu yang panjang usahakan untuk selalu disisir secara berkala. Jangan lupa untuk selalu memotong dan merapikan bulu kelinci setiap 4-5 bulan sekali.

  • Mengawinkan Kelinci

Untuk bisa mengembangkan usaha budi daya kelinci rex adalah dengan mengawinkan kelinci. Kelinci memasuki tahap dewasa dan siap dikawinkan pada usia 6-12 bulan. Anda bisa melakukan proses kawin ini secara berkelompok maupun berpasangan.

Nah, itu dia hal-hal utama dan dasar bagaimana cara budi daya kelinci rex yang baik dan benar. Tips lain agar usaha Anda berjalan dengan lancar adalah dengan mengantisipasi agar kelinci rex tidak tertular penyakit maupun virus.

Jika Anda melihat tanda-tanda kelinci hilang nafsu makan, lesu, mata sayu, dan tidak aktif bergerak segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebelum menyebar pada kelinci lainnya.